Ibu-ibu PKK Manfaatkan Facebook untuk Perkenalkan Budaya Suku Tolaki dengan Pantun

  • May 15, 2024
  • Wilda Wahyuni

Sebuah video viral menampilkan sekelompok ibu-ibu dari Kecamatan Sawa, Kabupaten Konawe Utara, saling bertukar pantun dalam bahasa daerah Tolaki saat berada di dalam mobil. Video ini menjadi perhatian publik setelah diunggah oleh pemilik akun Facebook Anhy Alzeronica Johanis, yang juga merupakan ibu Kasat Pol PP Kabupaten Konawe Utara, pada Minggu, 7 Mei 2024.

 

Anhy, yang berinisiatif mengajak teman-temannya untuk melakukan live streaming di Facebook, merekam momen tersebut selama perjalanan mereka kembali ke Konawe Utara setelah mengantarkan pengantin perempuan baru ke kediaman mertuanya di Konawe. Video tersebut menunjukkan ibu-ibu PKK dengan penuh semangat dan keceriaan, mempromosikan budaya suku Tolaki melalui pertukaran pantun yang lucu dan menarik.

 

Mobil yang digunakan dalam perjalanan ini dikemudikan oleh ibu Ketua KPU Kabupaten Konawe Utara, yang akrab disapa "Upeng," dengan akun Facebook Ulfa Adeeva Kayana Makmur. Selain Anhy dan Upeng, pemain lainnya dalam video tersebut adalah Mirna Manandrang, Marin, dan Sindy Selvi Johanis.

 

Sejak diunggah, video ini telah dibagikan puluhan ribu kali di berbagai media sosial. Keunikan dan kelucuan pantun serta penggunaan bahasa daerah Tolaki berhasil menghibur banyak netizen dan memperkenalkan budaya suku Tolaki kepada khalayak yang lebih luas.